Esensi KI-KD KMA 183 Tahun 2019 Mapel Al-Qur'an Hadits MTs
Kurikulum PAI dan Bahasa Arab dikembangkan atas dasar kebutuhan akan perubahan rancangan dan proses pendidikan dalam rangka memenuhi dinamika kehidupan keberagamaan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. PAI dan Bahasa Arab di madrasah dirancang untuk mendukung terwujudnya madrasah sebagai agent of change (agen perubahan) dan social reconstruction (rekonstruksi sosial) untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki sikap moderasi keberagamaan dan berkontribusi secara optimal dalam upaya membangun knowledge-basedsociety (masyarakat berbasis pengetahuan) dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. PAI dan Bahasa Arab diharapkan tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai pribadi yang tekun beribadah akan tetapi juga memiliki kepekaan sosial serta berkontribusi membangun masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.
Kurikulum PAI dan Bahasa Arab
dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan perwujudan konsepsi pendidikan yang
bersumbu pada perkembangan peserta didik beserta konteks kehidupannya
sebagaimana dimaknai dalam konsepsi pedagogik transformatif. Konsepsi ini
menuntut bahwa kurikulum hams didudukkan sebagai wahana pendewasaan peserta
didik sesuai dengan perkembangan psikologisnya dan mendapatkan perlakuan
pedagogis sesuai dengan konteks lingkungan dan zamannya.Penataan kembali
distribusi materi yang tumpang tindi antar jenjang dan antar kelas termasuk
perumusan level kompetensi yang ditingkatkan untuk membekali peserta berfikir
kritis dan inovatif salam penataan kesinambungan dan keselarasan perumusan
antara KD1 sikap spiritual, KD 2 sikap sosial, KD 3 pengetahuan dan KD 4
keterampilan serta penguatan mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada aspek
sikap dan keterampilan beragama dibanding pengetahuan atau kognitif.
File lengkap Esensi KI-KD KMA 183 Tahun 2019 Mapel Al-Qur'an Hadits MTs bisa DOWNLOAD DISINI
No comments