Teknik Mendesain Adaptasi Kurikulum Al-Qur'an Hadits MA Pada Masa Darurat
Kurikulum PAI dan Bahasa Arab dikembangkan atas dasar kebutuhan akan perubahan rancangan dan proses pendidikan dalam rangka memenuhi dinamika kehidupan keberagamaan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. PAI dan Bahasa Arab di madrasah dirancang untuk mendukung terwujudnya madrasah sebagai agent of change (agen perubahan) dan social reconstruction (rekonstruksi sosial) untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki sikap moderasi keberagamaan dan berkontribusi secara optimal dalam upaya membangun knowledge-basedsociety (masyarakat berbasis pengetahuan) dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. PAI dan Bahasa Arab diharapkan tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai pribadi yang tekun beribadah akan tetapi juga memiliki kepekaan sosial serta berkontribusi membangun masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.
Kurikulum PAI dan Bahasa Arab dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan perwujudan
konsepsi pendidikan yang bersumbu pada perkembangan peserta didik beserta
konteks kehidupannya sebagaimana dimaknai dalam konsepsi pedagogik
transformatif. Konsepsi ini menuntut bahwa kurikulum hams didudukkan sebagai
wahana pendewasaan peserta didik sesuai dengan perkembangan psikologisnya dan
mendapatkan perlakuan pedagogis sesuai dengan konteks lingkungan dan
zamannya.Penataan kembali distribusi materi yang tumpang tindi antar jenjang
dan antar kelas termasuk perumusan level kompetensi yang ditingkatkan untuk
membekali peserta berfikir kritis dan inovatif salam penataan kesinambungan dan
keselarasan perumusan antara KD1 sikap spiritual, KD 2 sikap sosial, KD 3
pengetahuan dan KD 4 keterampilan serta penguatan mata pelajaran PAI dan Bahasa
Arab pada aspek sikap dan keterampilan beragama dibanding pengetahuan atau
kognitif.
File lengkap Teknik Mendesain Adaptasi Kurikulum Al-Qur'an Hadits MA Pada Masa Darurat bisa DOWNLOAD DISINI
No comments